27/03/17

Perilaku




Perilaku

Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.
Kolose 3:17

Perubahan besar terjadi di dalam diri orang yang menerima Yesus sebagai Tuhan dan juruselamatnya secara pribadi. Pada mulanya ia berjalan menurut kehendaknya sendiri. Tetapi setelah ia menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan, maka terjadilah pergantian penguasa kehidupan di dalam dirinya. Tuhan Yesus mengambil alih roda pemerintahan di dalam dirinya. Sekarang Kristus yang mengatur kehidupannya. Ia tidak lagi mengandalkan diri sendiri, tetapi mengandalkan Tuhan Yesus. Apa pun yang dilakukannya, semuanya itu adalah untuk Tuhan yang telah mati dan bangkit serta naik ke surga, untuk dia.

Jika selama ini ia mengandalkan diri sendiri, sekarang ia melakukan segala sesuatu di dalam nama Tuhan Yesus. Itulah perubahan total yang dialami orang Kristen yang sungguh sungguh. Ia bukan lagi tuan atas dirinya sendiri, tetapi sekarang ia adalah hamba dari Tuhan yang sesungguhnya, yakni  Yesus Kristus. Tidak ada orang yang dapat berjalan di jalan seperti itu, jikalau bukan Tuhan yang datang ke dalam dirinya dan mengadakan perubahan yang sangat radikal ini.

Manusia sangat menghargai karya sendiri. Orang bangga dengan menonjolkan namanya sendiri. Manusia bangga dengan prestasi. Sekarang ia tidak lagi me ngedepankan diri sendiri, tetapi mengedepankan Tuhan. Apa yang dikatakan dan yang dilakukan, semuanya  itu untuk Tuhan. Jadi teringat akan para abdi dalam di kesultanan Nyayogyakarta. Para abdi dalam itu hidup untuk melayani sultan. Bagi mereka, jabatan itu adalah sebuah kehormatan. Mereka tidak mempersoalkan gaji mereka yang kecil, sebab tujuan hidup mereka ialah  melayani sultan.

Bukankah Tuhan kita jauh lebih mulia dari para sultan atau raja di dunia ini? Kita sekarang sama seperti abdi dalam tadi, kita hidup untuk melayani Tuhan di dunia ini, melalui perkataan dan perbuatan kita. Ada orang yang mengatakan: mulailah segala sesuatu dengan mengucap: di dalam nama Allah Bapa, serta akhiri segala sesuatu dengan mengucap syukur kepada Allah Bapa. Itulah ibadah orang Kristen yang sesungguhnya.

Dengan ibadah yang kita jalankan di tengah kehidupan, orang pun akan tahu bahwa kita ini adalah milik Kristus. Dunia akan mengenal Kristus melalui kehidupan para abdi dalamnya yang ditempatkan di dunia ini. Untuk itulah orang Kristen hadir di dunia ini, memperkenalkan Kristus kepada orang lain. Itulah sukses terbesar yang dapat diraih manusia di dunia ini. Kristus hadir melalui kehidupan kita. Adakah orang yang berkata kepada saudara dan saya: “Saya mau mengikut  engkau supaya dengan jalan demikian aku pun akan mengikut Kristus? Para malaikat di surga akan bersorak sorai jika ada orang yang datang kepada Tuhan Yesus karena kehidupan yang saudara jalani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rumah Allah

  Rumah Allah Ibrani 3:6 Tetapi Kristus setia sebagai Anak yang mengepalai rumah-Nya; dan rumah-Nya ialah kita, jika kita sampai kepada akhi...