18/07/17

Bilur-bilur



Bilur-bilur

Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.
I Petrus 2:24b

Nas ini sangat sering dipakai oleh teman teman dari Gereja kharismatik, untuk mendoakan mereka yang sakit. Seolah-olah bilur-bilur dari Tuhan Yesus menyembuhkan penyakit mereka itu. Rasanya penafsiran tersebut tidak terlalu tepat. Petrus mengutip ayat ini dari apa yang disuarakan oleh Nabi Yesaya. Oleh karena itu sangat perlu kita melihat konteksnya di kitab Nabi Yesaya. Kita   melihat di Yesaya 53:4-5 “Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah. Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.
Penyakit yang dimaksud Nabi Yesaya bukan penyakit fisik, tetapi keberdosaan kita. Bilur-bilur Tuhan Yesus menyembuhkan keberdosaan kita di hadapan Allah. jadi teringat akan seorang teman yang saya dibawa ke dalam persekutuan. Orangnya sungguh tampang seram. Oleh karena itu teman teman di persekutuan itu menegur saya, mengapa membawa orang seperti itu ke dalam persekuatuan kita.
Orangnya tinggi besar, hitam pekat dan dengan muka penuh dengan bopeng, bekas kena penyakit cacar. Bahasanya pun kasar. Aku berkenalan dengan dia, di pinggir jalan, tempat dia bekerja sebagai tukang tambal ban. Di dalam persekutuan, setelah khotbah, kami masuk ke dalam kelompok untuk berdoa. Saudara yang satu ini pun diikut sertakan di dalam kelompok tersebut. Ada teman yang tidak suka akan kehadiran teman yang satu ini di dalam kelompk mereka. Hal ini membuat teman itu ingin mundur dari persekutuan. Tetapi karena aku mendorong dia terus agar tetap ikut, maka akhirnya ia tetap ikut, walaupun ada kalanya tidak mengenakkan bagi dia.
Setelah setahun berjalan Tuhan bekerja di dalam diri orang itu. Ia merubah orang itu dari orang yang kejam, menjadi orang yang berhati lembut. Ia adalah salah satu bukti dari kebenaran firman Allah di dalam II Korintus 5:17 “Jadi barang siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru, yang lama sudah berlalu, yang baru sudah datang.” Pada akhirnya semua anggota persekutuan mengakui, senang bergaul dengan orang itu. Bilur-bilur Tuhan Yesus telah menyembuhkan bapa itu dengan segala penyakitnya.
Ada banyak penyakit yang kita idap sekarang ini, penyakit rohani. Contoh dari penyakit kita sekarang ini ialah: individualisme. Kita telah memberi penghargaan yang paling tinggi kepada diri sendiri. Kita bisa mengurbankan orang lain jika hal itu adalah dalam kepentingan diri sendiri. Pada hal Tuhan Yesus memberi jejak yang harus kita ikuti. Ia berkata: “Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani, dan memberikan nyawa-Nya bagi banyak orang.” Markus 10:45. Yesus adalah manusia yang memperuntukkan diri-Nya bagi orang lain. Sementara kita memperuntukkan orang lain bagi kepentingan diri kita sendiri.
Penyakit yang lain kita dapat sebut di sini beberapa di antaranya: hedonisme, hidup berfoya-foya. Dunia gemerlap kata orang sekarang ini. Konsumtivisme. Kita memuaskan diri dengan menghabiskan penghasilan kita untuk  barang barang yang kita inginkan, bukan hanya untuk yang kita butuhkan. Bahkan ada phobia-phobia lain yang kita temukan di dalam masyarakat. Dunia ini tidak dapat menyembuhkan penyakit itu. Hanya bilur-bilur Tuhan Yesus yang dapat menyembuhkannya.  Hal itu terlihat jelas di dalam kisah yang sudah dituturkan di atas.
Sudahkah saudara dan saya disembukan dari penyakit modern yang ada di tengah-tengah masyarakat sekarang ini? Sudahkah saudara dan saya hidup bagi orang lain sama seperti Kristus hidup bagi orang lain? Jika belum datanglah kepada Tuhan Yesus agar saudara disembukan oleh  bilur-bikurnya itu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rumah Allah

  Rumah Allah Ibrani 3:6 Tetapi Kristus setia sebagai Anak yang mengepalai rumah-Nya; dan rumah-Nya ialah kita, jika kita sampai kepada akhi...