27/07/17

Tuhan yang Kaya



Tuhan yang Kaya

Sebab tidak ada perbedaan antara orang Yahudi dan orang Yunani. Karena, Allah yang satu itu adalah Tuhan dari semua orang, kaya bagi semua orang yang berseru kepada-Nya.
Roma 10:12

Orang Batak punya sebuah ungkapan tentang orang kaya: namora urat ni hosa – orang kaya akar kehidupan. Ungkapan ini sangat pas jika dikenanakan kepada Tuhan sendiri. Bagi Tuhan tidak ada perbedaan dari umat manusia. Sekali pun umat manusia itu mengadakan perbedaan di antara mereka. Pandangan Tuhan terhadap manusia di dasarkan pada kekayaan kasih karunia-Nya.

Orang Yahudi membagi dua kelas umat manusia. Pertama ialah orang Yahudi sebagai umat Allah dan kedua bangsa-bangsa bukan Yahudi. Sebagai umat Allah, orang Yahudi bangga bahwa merekalah yang diselamatkan, sementara bangsa bangsa lain tidak akan selamat. Bukan hanya orang Yahudi yang membagi masyarakat ke dalam kelas kelas tertentu. Orang Yunani pun membagi dua masyarakat menurut mereka. Kelas pertama ialah Yunani sendiri. Mereka me n gatakan bahwa mereka adalah bangsa yang beradab. Sementara bangsa bangsa di dluar Yunani adalah bangsa barbar, atau biadab.

Sekarang Injil Yesus Kristus yang diberitakan rasul Paulus mengatakan bahwa tidak ada perbedaan di dalam pandangan Allah tentang manusia. Orang Yahudi dan orang  Yunani sama di mata Tuhan. Semua orang dapat diselamatkan jika mereka mau percaya kepada Injil Yesus Kristus. Sekarang kita dapat mengatakan bahwa Allah tidak memandang muka seseorang. Ia kaya untuk semua orang yang berseru kepada-Nya. Paulus mengatakan di dalam ayat sebelum nas kita: “Barangsiapa yang percaya kepada Dia, tidak akan dipermalukan.”  Perkataan itu diulang lagi dalam ayat 13 dengan mengatakan: “Barang siapa yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan.”

Keselamatan adalah milik Allah, yang Dia berikan kepada orang yang percaya dan berseru kepada nama-Nya. Jika ada orang percaya bahwa di dalam diri Allah ada pengampunan, dan hanya bilamana Allah mengampuni dia, maka ia  akan selamat, lalu berseru kepada nama Tuhan. Ia akan diselamatkan sekali pun dosanya tak terhingga banyaknya. Allah itu kaya di dalam rahmat dan kasih karunia. Itulah  yang diberitakan Injil kepada semua orang di muka bumi ini.

Kata kunci ialah berseru kepada Allah yang kaya akan kasih karunia dan rahmat. Ia akan menyelamatkan mereka yang berseru kepada-Nya dengan segenap hatinya. Oleh karena itu kita dapat mengatakan, bilamana seseorang yang bukan Kristen, merasa perlu mendapatkan pengampunan dari Allah atas dosa dosanya. Sementara itu ia percaya bahwa tidak ada kebenaran di dalam dirinya di hadapan Allah. Hanya pengampunan Allah sajalah yang dapat diandalkannya agar dia selamat dari api neraka, maka ia akan diselamatkan. Kristus Yesuslah pengampunan yang diberikan Allah bagi seluruh umat manusia di dunia ini.

Karena Allah adalah kaya dalam kasih karunia dan rahmat, maka Ia dapat dijadikan menjadi akar kehidupan bagi kita di dunia ini dan dunia yang akan datang. Sudahkah saudara dan saya berjumpa dengan Allah yang kaya itu dan Dia share kekayaan-Nya bagi saudara dan saya?

Hotman Siahaan

hotman.siahaan@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rumah Allah

  Rumah Allah Ibrani 3:6 Tetapi Kristus setia sebagai Anak yang mengepalai rumah-Nya; dan rumah-Nya ialah kita, jika kita sampai kepada akhi...