01/08/17

Penebus




Penebus

Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, yang membentuk engkau sejak dari kandungan; "Akulah TUHAN, yang menjadikan segala sesuatu, yang seorang diri membentangkan langit, yang menghamparkan bumi -- siapakah yang mendampingi Aku?
Yesaya 44:24

Sangat menarik untuk mempelajari bagian dari kitab Yesaya ini, khususnya pasal 40-48. Lembaga Alkitab Indonesia memberikan judul untuk bagian ini: Keselamatan untuk bagi yang di dalam pembuangan. Di bagian ini Allah Israel memperkenalkan dirinya sebagai satu-satunya Allah yang menciptakan langit dan bumi. Pada waktu Yehuda terbuang ke Babel, ada anggapan di tengah masyarakat pada umumnya, yang juga diadopsi orang Yehuda karena keberdosaannya.

Anggapan  itu ialah: jika satu bangsa berperang dengan bangsa lain, maka dewa mereka pun turut berperang dengan dewa musuh. Oleh karena Yehuda kalah kepada Babel, maka mereka pun punya pemahaman, Allah mereka pun kalah terhadap dewa Babel. Untuk melawan pemahaman itu, Allah Israel mengungapkan diri kepada umat-Nya itu, sebab mereka telah meninggalkan Allah Israel dan beribadah kepada dewa dewa orang Kanaan.

Dalam pasal 44 ini, Allah Israel melalui nabinya Yesaya mengejek para pemuja dewa itu dengan mengatakan bahwa manusialah yang mendirikan sebuah patung. Sepotong kayu dipakai untuk memasak makanan, dan sebagian lain lagi dibuatnya menjadi patung dan disembah. Pada hal patung itu dibuat dari kayu. Allah Israel tidaklah dibuat bangsa Israel, tetapi Allahlah yang bertindak menjadikan bangsa Israel umat-Nya. Bahkan di dalam nas kita, disebut Allah yang bertindak untuk menebus umat-Nya itu dari perhambaan.

Tidak ada ilah manapun yang bertindak seperti yang dilakukan Allah Israel. Bagi kita sekarang ini, kita dapat mengatakan bahwa tidak ada Allah agama mana pun yang telah melakukan satu tindakan untuk me nyelamatkan orang yang percaya kepada-Nya, sebagaimana dilakukan Yesus Kristus bagi kita. Allah orang lain adalah Allah yang hanya menuntut sesuatu dari orang yang percaya kepadanya. Ia menuntut orang berbuat sesuatu supaya dapat upah. Beda dengan Allah kita. Ia memberi upah lebih dahulu kepada kita. Ia menyelamatkan kita. Lalu setelah kita diselamatkan, maka Ia menuntut untuk menunjukkan terima kasih atas keselamatan yang sudah kita nikmati.

Sisi lain yang diungkapkan Allah bagi orang Yehuda di dalam nas kita ini tentang Allah ialah: Allah Israel itu adalah penebus mereka. Tradisi Yahudi mengatakan bahwa penebus itu adalah kerabat orang yang hendak ditebus. Itu adalah firman Allah di dalam kitab Rut. Tidak ada satu pun agama di dunia ini yang mengajarkan Allah mereka adalah anggota keluarga umat Allah. Yesaya mengigatkan Allah tentang hal itu di dalam Yesaya 63:13. Lebih jelas lagi bagi kita, Tuhan Yesus mengajarkan kita agar menyapa Allah itu sebagai Bapa bagi kita. Allah itu adalah Allahnya Tuhan Yesus, Bapa dari Tuhan Yesus. Kita pun dipersamakan dengan Yesus menyebut itu Allah Bapa kita di dalam Tuhan Yesus Kristus.

Tidak ada Allah seperti Allah kita dikenal dunia ini. Hanya Allah kitalah yang melakukan tugas penyelematan seorang diri. Tak ada orang lain. Tak ada bangsa di dunia ini seperti bangsa Israel, dalam relasinya dengan umat-Nya. Pelajarilah relasi Allah dengan Israel, maka apa yang dilakukan-Nya untuk bangsa Israel, akan dilakukan Allah pun untuk kita. Kita ditebus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rumah Allah

  Rumah Allah Ibrani 3:6 Tetapi Kristus setia sebagai Anak yang mengepalai rumah-Nya; dan rumah-Nya ialah kita, jika kita sampai kepada akhi...